2 Cara Reset HP OPPO ke Pengaturan Pabrik dengan Mudah

Cara Reset HP OPPO – gethumanoid.com. Pengguna HP OPPO kadang mengalami masalah pada ponsel seperti lag atau hang, sehingga penanganan kasus ringan seperti reset dibutuhkan. Mengapa harus reset? Sebab dengan metode ini yang paling simpel dan mudah sekali.

Namun tidak semua pengguna paham bagaimana cara reset HP OPPO dengan benar. Ini adalah proses untuk mengembalikan ponsel ke kondisi pabrik, mirip seperti menormalkan kembali ponsel sebelum digunakan.

Secara umum, ada dua metode yang bisa digunakan untuk pengaturan ulang perangkat yakni menu pengaturan atau mode recovery. Hal ini dikarenakan pada beberapa kondisi, menggunakan tombol power tidak cukup mempan untuk memperbaiki kinerja ponsel.

Sehingga reset HP OPPO bisa menjadi alternatif lebih tepat, karena itu artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai riset dengan dua metode cepat.

Cara Reset Hp Oppo Ke Pengaturan Pabrik

2 Cara Reset HP OPPO dengan Mudah dan Cepat

Berikut ada beberapa metode reset HP OPPO ke pengaturah pabrik yang bisa Anda lakukan, silahkan menggunakan cara yang dianggap paling simpel dan mudah ya.

Baca : Aplikasi Hyper 2048 Apk Penghasil Uang dengan Game

1. Reset HP di Menu Pengaturan

Langkah pertama sekaligus sederhana yakni melalui menu pengaturan atau Settings, berikut ini panduannya.

  • Buka menu “Settings”.
  • Masuk ke “Additional Settings”.
  • Masuk ke “Back up and Reset”.
  • Pilih “Reset to Factory Settings, Factory Data Reset atau Erase All Data (Factory Reset)”.

Untuk halaman Reset to Factory Settings atau Factory Data Reset, pengguna bisa memilih opsi Erase All Content and Settings (Erase All Data) apabila mau menghapus seluruh data sekaligus mengembalikan perangkat kembali ke pengaturan pabrik.

Tapi apabila perangkat hanya perlu menghapus dengan metode parsial seperti riwayat panggilan, kontak, aplikasi atau SMS, cukup memilih nama sesuai di ColorOS.

Biasanya, pengguna akan melihat sejumlah opsi berupa:

  • Reset System Settings Only” untuk digunakan menghapus pengaturan.
  • Erase Downloaded Apps and App Data” untuk data dan aplikasi.
  • Erase The Contacts and Call History on This Phone” untuk kontak dengan riwayat panggilan.
  • Erase the SMS and MMS Messages on This Phone” khusus pesan.

Supaya ponsel Anda tidak disalahgunakan, fitur keamanan akan aktif secara otomatis sehingga pengguna harus memasukkan passcode dan PIN khusus yang sudah diatur dalam tahap penggunaannya.

Namun, ada kemungkinan Anda tidak bisa masuk ke menu pengaturan sehingga alternatif kedua yakni menggunakan mode recovery harus dilakukan.

2. Reset HP dengan Mode Recovery

Cara berikutnya adalah dengan Mode Recovery, lalu bagaimana caranya? Berikut ini adalah cara mudahnya.

  • Matikan perangkat menggunakan tombol power.
  • Tekan tombol power dan volume kurang secara bersamaan dan tahan beberapa detik.
  • Lepaskan jika masuk ke Mode Recovery atau ColorOS Recovery.
  • Pilih bahasa.
  • Tekan tombol volume untuk mengubah pilihan dan tombol power untuk konfirmasi apabila layar sentuh tidak berfungsi.
  • Pilih “Wipe Data”.
  • Masukkan PIN dan kode verifikasi.
  • Pilih “Format Data”.
  • Konfirmasi menggunakan tombol Format atau sejenisnya.
  • Tunggu proses selesai dan pilih “OK”.
  • Pilih “Reboot” untuk memuat ulang perangkat jika sistem tidak berjalan otomatis.

Sekadar informasi, jika opsi Format Data bakal menghapus seluruh data pada perangkat dan mengembalikan perangkat ke dalam kondisi pabrik. Untuk mempertahankan file penting seperti kontak, foto, SMS, foto serta video maka Anda harus memilih opsi Wipe Data saja.

Memakai sistem reset ini pada dasarnya bisa menyelesaikan beberapa masalah sistem yang ringan dan bersifat umum. Selain itu, reset juga bisa digunakan jika Anda hendak menjual kembali ponsel dan ingin menghapus semua data agar tidak disalahgunakan pada pengguna lain.

Kendati demikian, perlu diingat, jika Anda selesai reset maka seluruh data yang hilang tidak bisa dipulihkan kembali sehingga pastikan jika data penting sudah disimpan sebelumnya.

Fungsi dan Manfaat Reset HP

Tak banyak yang tahu, jika reset HP OPPO memiliki banyak manfaat selain memperbaiki kinerja perangkat. Di bawah ini fungsi dan manfaatnya.

Meningkatkan Performa Perangkat

Ponsel lama dan berat memiliki kinerja lambar, kadang malah hang dan lag sangat mengganggu aktifitas pengguna. Melalui sistem pengaturan ulang, Anda bisa memperbaiki kinerja perangkat menjadi lebih lancar dan ringan

Menambah Memori Internal

Pengaturan pada perangkat juga serupa seperti Anda melakukan pembersihan setelah cukup lama menggunakan ponsel. Dengan begitu, memori internal akan lebih ringan dan memiliki lebih banyak ruang untuk penyimpanan baru.

Menghapus Malware

Malware adalah ancaman serius bagi ponsel, perangkat lunak yang merusak sistem ini bisa datang dari mana saja semisal ketika Anda melakukan penelusuran Google. Dengan pengaturan ulang, pengguna bisa menghapus malware yang berisiko merusak.

Menghapus Seluruh Data dengan Cepat

Jika Anda hendak menjual ponsel atau ingin membersihkan secara menyeluruh dalam waktu cepat, reset akan sangat membantu dalam menghapus data secara penuh.

Mengatasi Lupa Password atau PIN

Lupa password atau PIN mungkin pernah terjadi pada semua pengguna ponsel, jika Anda mengalaminya, cobalah untuk membuat pengaturan ulang agar kembali ke model pabrikan tanpa login sama sekali.

Baca : Cara Menggunakan Omegle OmeTV dengan Mudah

2 Cara Reset Hp Oppo Ke Pengaturan Pabrik Dengan Mudah

Apa yang Harus Diperhatikan Sebelum Reset?

Ada banyak dampak pada perangkat saat Anda memutuskan untuk reset HP OPPO, karena itu perhatikan beberapa hal berikut sebelum melakukannya.

  • Backup lebih dulu data pribadi yang dianggap penting seperti foto, video, serta dokumen lain lalu pindahkan ke SD Card.
  • Tandai setiap nomor kontak lalu pindahkan kembali ke SIM Card.
  • Lepas kartu memori termasuk SD Card dan SIM Card sebelum pengaturan ulang agar tidak ikut terhapus.
  • Ingat kata sandi email karena merupakan akun penting yang menghubungkan ke banyak akun terdaftar.
  • Pastikan baterai ponsel minimal 70%.

Pastikan setiap persiapan di atas sudah dilakukan, karena ketika Anda sudah melakukan pengaturan ulang maka seluruh data tidak lagi bisa dikembalikan. Cara reset HP OPPO tersebut bisa dilakukan untuk semua tipe OPPO karena memiliki struktur sistem serupa. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar