5 Cara Mengatasi HP Rusak Terkena Air dengan Mudah

Mengatasi HP Rusak Terkena Air – gethumanoid.com. Menggunakan ponsel atau perangkat sejenis, akan selalu memiliki risiko kerusakan karena berbagai sebab. Salah satunya karena terkena air, situasi ini sebenarnya cukup parah dan pada kasus serius akan merusak keseluruhan sistem.

Namun, ada cara mengatasi HP rusak terkena air yang sebenarnya bisa dilakukan sendiri sebelum membawa ke tempat service. Saat ini memang banyak ponsel memungkinkan kondisi di dalam air atau dengan kata lain water proof.

Produksi ini menjamin sistem kerja tetap aman meski terkena air. Namun, tentu belum banyak pengguna yang memiliki hp serupa. Bahkan pada tipe seperti itu, tetap ada kemungkinan kerusakan jika masuk ke dalam air dalam waktu lama.

5 Cara Mengatasi Hp Rusak Terkena Air Dengan Mudah

5 Cara Mengatasi HP Rusak Terkena Air paling Simpel

Jika Anda adalah pengguna yang mengalami masalah tersebut, cobalah langkah solusi mengatasi HP rusak di bawah ini.

1. Jangan Langsung Menyalakan Ponsel

Cara paling cepat dilakukan orang lain ketika ponsel baru saja jatuh ke air adalah langsung mengaktifkannya untuk memeriksa sistem. Langkah ini sebenarnya kurang tepat, karena kemungkinan air masuk ke ponsel walau dalam hitungan detik cukup besar.

Jika Anda langsung menyalakannya, maka kemungkinan terjadi korsleting dan memperparah kerusakan.

Baca : 2 Cara Reset HP OPPO ke Pengaturan Pabrik dengan Mudah

2. Lepas Baterai (kecuali yang tanam), SIM Card dan Memory Card

Langkah selanjutnya adalah melepaskan setiap komponen seperti SIM card, memory card dan baterai. Pisahkan lalu bersihkan dengan handuk atau bahan apapun sebagai penyerap air.

Tahap ini dilakukan untuk mencegah kerusakan lebih besar pada area-area vital tersebut. Anda juga dapat melepas case atau cover, dengan begitu proses pengeringan akan lebih cepat sekaligus mencegah air masuk lebih dalam.

3. Keringkan Seluruh Bagian

Keringkan setiap bagian, di luar maupun di dalam ponsel seperti layar karena merupakan komponen sangat penting. Layar atau LCD memiliki filamen lunak dan tidak tahan dengan kelembaban air.

Jika dibiarkan dalam waktu lama maka akan muncul flek hitam. Gunakan lap kering atau vacum cleaner namun jangan sampai terlalu dekat karena aliran listriknya akan berbahaya.

Jika memungkinkan, jemur di bawah panas matahari dengan suhu cukup. Jika Anda merasa suhu matahari terlalu terik akan lebih baik untuk tidak mengeluarkannya. Cobalah untuk membawanya ke teras atau tempat berangin yang kering.

4. Taruh di Dalam Beras

Ini adalah cara yang paling banyak digunakan masyarakat, yakni menaruh ponsel ke dalam beras kering. Meski unik, namun cara ini nyatanya ampuh untuk mengangkat air pada ponsel. Namun, ada beberapa prosedur yang harus dilakukan yaitu:

  • Ambil kantung plastik dan isi dengan satu mangkuk beras kering.
  • Pisah dan letakkan setiap komponen seperti baterai dll dan taruh dalam kantung.
  • Ikat dan pastikan tertutup rapat.
  • Diamkan hingga 2-3 hari.
  • Aktifkan.

5. Gunakan Silika Gel

Bukan hanya beras, Anda juga dapat menggunakan silika gel karena memiliki kemampuan untuk menyerap kelembaban. Khusus benda elektronik, silika gel diklaim bisa mencegah kondensasi atau reaksi pengembunan.

Serupa seperti cara kerja beras, dengan menyerap kandungan air lebih maksimal. Caranya rendam ponsel di tumpukan silika dan tunggu beberapa hari.

Cara Mengatasi Hp Rusak Terkena Air

Apa yang Harus Dihindari saat HP Kemasukan Air?

Sejauh ini, ada banyak mitos atau issue mengenai tindakan pertama yang harus dilakukan saat HP masuk ke air. Misal saja, menyambungkan ke charger, menggunakan hair dryer, sampai meniup untuk mengeringkannya.

Banyak issue tersebut yang sebenarnya tidak boleh dilakukan, selain dapat merusak ponsel juga akan sangat berbahaya. Berikut adalah yang harus kita hindari apabila  HP rusak terkena air tersebut.

Langsung Memencet Tombol Power

Ketika mendapati HP dalam keadaan mati total, kita biasanya bereaksi dengan menekan tombol power untuk menyalakannya. Hal ini harus dihindari untuk kerusakan lebih parah.

Saat tombol on dinyalakan, seluruh sistem di dalamnya akan berupaya untuk bekerja, sehingga akan langsung rusak karena kelembaban dan kandungan air di dalamnya.

Langsung Memencet Berbagai Tombol dan Menyalakan HP

Refleks yang mungkin sering terjadi adalah langsung panik dan sembarangan memencet berbagai tombol atau menyalakan ponsel. Umumnya hal ini kamu lakukan karena ingin memastikan apakah ponsel kamu baik-baik saja.

Sayangnya, hal ini bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah karena bisa jadi air itu malah semakin masuk ke dalam ponsel karena tombol-tombol itu terpencet.

Baca : Cara Menggunakan Omegle OmeTV dengan Mudah

Meniup Ponsel

Kebiasaan lain pengguna adalah meniup ponsel untuk mengeringkannya ketika baru saja terjatuh ke air. Cara ini salah dan sebenarnya sia-sia untuk dilakukan, termasuk jika Anda menggunakan kipas dan alat tiup sejenis.

Meniupkan angin akan mendorong air masuk lebih dalam ke perangkat ponsel, sehingga kerusakan lebih besar mungkin akan terjadi.

Karena itulah, akan lebih baik jika meletakkannya di tempat hangat agar menguap secara alami. Cara ini bisa dilakukan setelah Anda melepas semua komponen di dalam ponsel seperti instruksi di atas.

Menggunakan Hair Dryer

Kebiasaan berikutnya adalah menggunakan hair dryer. Orang-orang mungkin berfikir, suhu panas pada hair dyer dapat mengeringkan ponsel dengan cepat dan memulihkannya.

Padahal, ini juga merupakan cara yang salah karena serupa dengan kipas yang menghasilkan angin pada kecepatan tertentu.

Tak hanya itu, hair dryer memiliki suhu panas yang lebih tinggi sehingga lebih berisiko merusak perangkat lebih besar. Komponen listrik pada hair dyer tidak cocok dengan perangkat sehingga suhu normal bisa lebih baik untuk mencegah kerusakan.

Itulah berbagai tips dan cara mengatasi HP rusak terkena air, selain tips tersebut penting untuk menghindari hal-hal di atas agar mencegah kerusakan lebih besar. Namun, jika tips tersebut tidak bekerja cara terbaik adalah membawanya langsung ke tempat service untuk penanganan lanjutan.

Tinggalkan komentar