Cara Cek Garansi HP Vivo dengan Mudah dan Cepat

Cara Cek Garansi HP Vivo – gethumanoid.com. Memiliki HP baru seperti Vivo memang jadi harapan banyak orang, karena perangkat komunikasi tersebut punya segudang keunggulan. Mulai dari sistem inti, hingga kejernihan foto atau video yang disukai anak muda sekarang.

Tapi Anda juga harus mengetahui bagaimana cara cek garansi HP Vivo yang benar. Jadi ketika seandainya produk tersebut rusak pada masa garansi maka Anda bisa klaim garansi tanpa harus mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya.

Garansi HP Vivo sangat diperlukan, biasanya meliputi baterai, kabel USB, headset, serta layanan perbaikan. Dengan rentang waktunya berkisar enam bulan ke atas atau lebih tergantung jenis smartphone yang dibeli.

Cara Cek Garansi Hp Vivo Dengan Mudah Dan Cepat

Cara Cek Garansi HP Vivo dengan Mudah

Untuk mengetahui bisa diperbaiki tanpa biaya, ada beberapa cara cek garansi HP Vivo yang bisa dilakukan. Pastikan terlebih dahulu, kalau HP tersebut dibeli di area Indonesia, karena jika Anda membeli di luar negeri maka garansi akan berlaku di negara tempat produk itu dibeli.

Baca : 7 Emulator Android Terbaik untuk PC Ringan RAM 2-1GB

Ketahui Nomor IMEI

International Mobile Equipment Identity (IMEI), merupakan salah satu identitas dari HP sangat otentik. Beda HP akan beda nomor IMEI perangkat, jadi bisa dipastikan tidak ada dua perangkat telepon pintar yang memiliki nomor identitas sama.

Identitas ini, bisa dilihat di sejumlah tempat seperti kotak smartphone yang baru dibeli. Kemudian di bagian dalam body smartphone, tepatnya di bagian belakang dalam dari perangkat.

Tapi, jika Anda tak bisa menemukannya tinggal mengetik kode *#06# lalu klik dial pada perangkat. Tunggu hingga tersambung, maka Anda akan melihat nomor tersebut. Biasanya berupa rangkaian angka unik memiliki arti di setiap susunannya.

Buka Situs Resmi Vivo

Langkah berikutnya adalah, Anda wajib membuka situs resmi Vivo di https://www.vivo.com/id/support/IMEI. Dapat dibuka melalui browser di HP maupun perangkat lain seperti laptop atau PC.

Masukkan Nomor IMEI

Ketika Anda sudah berada di halaman utama situs tersebut, maka Anda akan diminta untuk memasukkan nomor IMEI yang sudah didapat sebelumnya. Pastikan deretan angka diketik dengan benar-benar tepat, jika tidak tentunya informasi dibutuhkan tidak akan didapat.

Setelah mengetik nomor IMEI, klik pada tombol send atau kirim. Tunggu sampai proses verifikasi dilakukan sistem.

Masukkan Kode Verifikasi

Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi, berupa gabungan huruf dan angka yang harus diketik ulang pada kolom tersedia. Jika sudah, Anda klik tombol kirim dan tunggu proses selanjutnya.

Informasi HP

Jika memasukkan nomor IMEI benar, maka akan muncul informasi lengkap tentang smartphonenya. Mulai dari nomor seri, model, warna, dan masa garansi. Dengan begitu akan terlihat apakah masa perbaikan fungsional masih berlaku atau sudah lewat sehingga tak bisa digunakan lagi.

Berbekal informasi tersebut, Anda bisa datang ke service center dari Vivo untuk melakukan klaim asuransi sesuai dengan kerusakan yang terjadi pada HP tersebut. Jangan lupa, bawa semua perlengkapan termasuk kartu tentang masa bergaransi dan bukti pembayaran jika dibutuhkan nantinya.

Apa Manfaat Garansi HP Vivo?

Banyak manfaat dapat dirasakan dari masa garansi sebuah HP Vivo, sama halnya ketika Anda membeli barang elektronik lainnya.

Kerusakan Fungsional

Selama masa garansi, semua kerusakan fungsional pada handphone akan diperbaiki oleh tim Vivo tanpa dikenakan biaya. Seperti masalah pada baterai yang tidak bisa diisi ulang, keypad tidak responsif, hingga fungsi lain mengganggu kenyamanan ketika kerusakan terjadi.

Tapi, untuk kerusakan akibat kesalahan penggunaan handphone, seperti terkena benturan atau masuk ke dalam air, atau LCD pecah akibat jatuh dari ketinggian. Tidak akan mendapat garansi karena merupakan kelalaian dari pengguna, bukan bawaan dari pabrik.

Tidak Keluar Biaya Perbaikan atau Penggantian

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk melakukan perbaikan atau mengganti komponen yang rusak. Ketika kerusakan terjadi di masa garansi dan masuk kategori rusak fungsional dalam deretan klaim asuransi HP tersebut.

Hal ini akan sangat berbeda ketika masa garansi sudah habis, dimana Anda harus keluar uang sendiri untuk melakukan perbaikan atau penggantian komponen smartphone Vivo yang rusak.

Bisa Diklaim di Service Center Vivo Terdekat

Anda dapat melakukan klaim asuransi di service center Vivo terdekat, selama Anda memiliki semua dokumen yang dibutuhkan. Mulai dari bukti garansi hingga semua komponen bawaan HP saat dibeli pertama kali.

Dengan sistem online dan verifikasi mudah, pihak service center bisa melacak garansi HP tersebut. Sehingga Anda tak perlu datang ke konter tempat pembelian handphone, yang memiliki jarak lumayan jauh dari lokasi saat ini.

Baca : 4 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi dengan Mudah

Cara Cek Garansi Hp Vivo

Persiapan Sebelum Klaim Asuransi HP Vivo

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, ketika Anda ingin melakukan klaim asuransi Vivo. Agar bisa berjalan lancar sesuai yang diinginkan, kemudian handphone dapat dipakai lagi seperti sebelumnya. Selain melakukan cek garansi HP Vivo seperti cara di atas.

  1. Memastikan buku garansi dalam kondisi baik, begitu juga dengan bukti pembelian.
  2. Anda harus memastikan stiker IMEI yang terdapat pada buku garansi HP masih dalam kondisi baik dan tidak sobek atau hilang. Sebab itu adalah bukti otentik bahwa perangkat telekomunikasi tersebut masih dalam masa garansi dan belum diperbaiki di tempat lain.
  3. Pastikan untuk melakukan backup data yang sudah tersimpan di dalam HP. Bisa saja dalam proses perbaikan terjadi error menyebabkan data hilang, tentunya Anda tak ingin hal itu terjadi bukan?

Backup bisa dilakukan dengan memindahkan ke laptop, komputer, atau memori eksternal yang Anda punya. Manfaatkan kabel USB untuk melakukan pemindahan data tersebut.

Semoga informasi tentang cara cek garansi HP Vivo di atas bermanfaat bagi Anda, yang mengalami masalah kerusakan dalam masa garansi. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar