Cara Cek Garansi HP Realme dengan Mudah

Cek Garansi HP Realme – gethumanoid.com. Realme merupakan salah satu merk HP dari China, dengan peminat cukup besar di Indonesia. Pasar utamanya adalah kalangan menengah ke bawah, dengan fitur maksimal.

Tapi, ada kalanya produk ponsel Realme yang baru dibeli mengalami masalah. Sehingga perlu cek garansi HP Realme, supaya bisa diperbaiki tanpa harus mengeluarkan biaya sendiri.

Cek garansi HP Realme memang sesuatu yang wajib. Terutama pada perangkat komunikasi asli yang dibeli melalui konter resmi Realme. Fungsinya sangat banyak, salah satunya untuk diklaim saat produk mengalami masalah.

Cara Cek Garansi Hp Realme

Cara Cek Garansi HP Realme Tanpa Ribet

Tak sedikit orang yang mengabaikan garansi HP Realme, dengan alasan ponsel baru pastinya tidak akan rusak. Padahal, apapun bisa terjadi termasuk rusaknya komponen HP karena hal-hal tertentu di luar kemampuan Anda.

Makanya mengecek masa berlaku dari pertanggungan tersebut perlu dilakukan. Berikut ini penjelasannya.

Baca : Cara Cek Garansi HP Vivo dengan Mudah dan Cepat

Lakukan Cek IMEI

Data pertama yang perlu didapat adalah nomor IMEI dari ponsel Anda. Nomor identitas ini bisa ditemukan pada kotak pembelian perangkat tersebut, terdiri dari barisan angka-angka yang menjadi pembedanya dengan ponsel lain.

Selain itu, IMEI juga bisa dicek melalui menu settings pada HP Anda. Tepatnya, dengan membuka opsi Phone dan cek detail tentang ponsel termasuk nomor IMEInya.

Jika nomor tersebut sudah didapatkan, jangan lupa dicatat terlebih dahulu di buku atau tempat lain karena merupakan data penting untuk cek garansi HP Realme dengan benar.

Buka Situs Resmi Realme

Setelah itu, Anda bisa buka situs resmi Realme melalui browser pada ponsel maupun komputer. Ketik realme.com/id/support/phonecheck lalu klik enter untuk masuk ke halaman situs tersebut.

Jika sudah masuk ke halaman tersebut, Anda bisa melihat tampilan logo Realme pada bagian atas halaman. Kemudian ada tulisan cek status garansi, untuk dicek dengan langkah berikutnya.

Ketik Nomor IMEI

Ketik nomor IMEI ponsel yang sudah Anda catat sebelumnya pada kolom bertuliskan “mohon masukkan IMEI ponsel Anda”. Pastikan nomor telah dimasukkan dengan benar dan tepat.

Jika tidak, maka status garansi tidak akan muncul. Biasanya jumlah angka pada kode IMEI terdiri dari 15 digit, jika kurang pasti ada yang salah saat Anda mencatat nomor tersebut.

Cek Garansi

Selanjutnya, Anda bisa menekan tombol “cek sekarang” untuk melanjutkan proses sehingga sistem bisa memberikan informasi penting seputar garansi perangkat komunikasi tersebut.

Tunggu Validasi

Sistem akan melakukan validasi dari data IMEI yang dimasukkan, jadi Anda perlu menunggu beberapa detik hingga menit sampai proses selanjutnya. Caranya dengan menggeser panah hijau di sisi kiri bawah kotak validasi muncul. Ikuti langkah validasi sampai selesai.

Cek Garansi

Jika semua proses di atas sudah dilakukan dengan benar, maka akan muncul informasi seputar garansi yang Anda butuhkan. Mulai dari tipe HP, kemudian warnanya, dan masa berlaku garansi.

Kalau masih berlaku, tentu dapat digunakan untuk memperbaiki komponen fungsional dari ponsel Anda jika memang mengalami kerusakan.

Syarat Klaim Garansi

Ketika Anda akan mengajukan klaim pertanggungan dari pihak Realme, pastikan untuk melengkapi semua persyaratan yang diminta. Jika tidak, maka klaim tidak akan bisa digunakan dan terpaksa memperbaiki HP dengan uang sendiri.

  • Pastikan kalau agunan tersebut masih berlaku, sampai saat Anda mau melakukan klaim. Hal ini bisa dilihat melalui informasi yang sudah didapat, melalui proses cek garansi HP Realme yang sudah dilakukan sebelumnya.
  • Jangan lupa untuk membawa bukti berupa buku garansi yang masih berlaku, dan dokumen pendukung lain seperti kwitansi pembelian. Siapa tahu nanti dibutuhkan oleh pihak service center
  • Pastikan kerusakan yang terjadi pada HP, masuk dalam daftar agunan yang bisa dimanfaatkan. Misalnya, baterai yang tidak bisa digunakan atau touchscreen tidak berfungsi dengan baik.

Tapi, kalau kerusakan yang terjadi karena kesalahan Anda saat menggunakan. Misalnya, tidak bisa hidup karena masuk ke dalam bak mandi atau jatuh sehingga menyebabkan LCD pecah maka biasanya garansi tidak akan berlaku.

  • Anda juga harus memastikan stiker berisi nomor IMEI perangkat komunikasi tersebut tidak robek, terkena air, apalagi rusak dan tidak terbaca. Tapi, jika karena alasan tertentu stiker IMEI sudah tidak bisa dikenali maka proses klaim masih bisa dilakukan selama kwitansi dan kartu garansi masih ada.
  • Pastikan juga Anda belum pernah melakukan service ponsel tersebut, pada gerai service tidak resmi. Jika ketahuan, otomatis klaim agunan tidak bisa digunakan.
  • Pastikan juga HP tidak dalam kondisi root, karena akan berdampak pada data dan keaslian sistem dan komponen di dalamnya.

Baca : 7 Emulator Android Terbaik untuk PC Ringan RAM 2-1GB

Cara Cek Garansi Hp Realme Dengan Mudah

Tips Aman Menggunakan Garansi

Sedikit tips supaya Anda bisa memanfaatkan garansi HP ketika dibutuhkan adalah sebagai berikut.

  • Pastikan untuk menyimpan semua dokumen pembelian produk komunikasi tersebut dalam satu tempat yang aman. Bisa di dalam lemari atau di dalam meja kerja, jadi saat dibutuhkan nantinya tinggal ambil dan bawa ke service center.
  • Simpan nomor IMEI perangkat. Bisa ditulis sebagai salah satu nomor telepon di kontak ponsel. Bisa juga dicatat dalam buku informasi penting Anda. Sehingga, kapanpun Anda butuh maka tinggal cek di kontak telepon atau buku catatan tanpa harus bingung mencari kotak HP yang bisa saja sudah hilang.
  • Anda juga perlu memastikan bahwa kerusakan yang terjadi memang masuk dalam garansi dari Realme. Jika tidak, percuma saja datang ke service center karena tentunya Anda tidak akan mendapatkan layanan gratis seperti yang diharapkan.
  • Daripada mengandalkan garansi akan lebih baik berhati-hati dalam menggunakan HP supaya tidak bermasalah ketika baru membeli.

Sangat penting untuk tahu cara cek garansi HP Realme, supaya Anda dapat mengklaimnya ketika HP yang baru dibeli mengalami kerusakan.

Tinggalkan komentar